Ikuti Kami

Subscribe

Ibadah

Empat Tahapan Disyariatkan Puasa dalam Islam

Empat Tahapan Disyariatkan Puasa dalam Islam

BincangMuslimah.Com – Tahukah kalian bahwa dalam Islam puasa disyariatkan secara bertahap? Perlu kita ketahui juga puasa bukanlah sesuatu yang murni pertama kali muncul dalam Islam, karena kewajiban puasa awal mulanya bukan dari sejarah Islam. Puasa merupakan ibadah yang telah disyariatkan pada umat-umat terdahulu jauh sebelum Islam datang.

Sebagaimana Allah Swt sebutkan dalam firman-Nya berikut

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS. Al-Baqarah: 183)

Menurut Syekh Shalih Abdul Karim al-Zaid dalam kitab Ayyaam Ramadhan, hikmah puasa merupakan syariat umat terdahulu, agar umat Islam termotivasi untuk melaksanakan puasa meskipun puasa itu berat. Sebab umat terdahulu telah membuktikan mereka mampu melaksanakan syariat puasa yang dibebankan kepada mereka.

Pada mulanya, puasa yang pertama kali dilaksanakan umat muslim bukanlah puasa Ramadhan. Namun puasa ‘Asyura, yaitu puasa yang dilaksanakan orang-orang Yahudi sebagai rasa syukur sebab pada hari itu Allah telah menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari Fir’aun. Sebagaimana dikisahkan oleh sahabat Abdullah bin Abbas r.a.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ وَجَدَهُمْ يَصُومُونَ يَوْمًا يَعْنِي عَاشُورَاءَ فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ وَهُوَ يَوْمٌ نَجَّى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَأَغْرَقَ آلَ فِرْعَوْنَ فَصَامَ مُوسَى شُكْرًا لِلَّهِ فَقَالَ أَنَا أَوْلَى بِمُوسَى مِنْهُمْ فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ

Bahwasannya Nabi saw. ketika tiba di Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa di hari Asyura’. Mereka berkata, “Ini adalah hari agung. Hari di mana Allah menyelamatkan Nabi Musa dan menenggelamkan pengikut Fir’aun. Maka Musa pun berpuasa pada hari ini sebagai tanda syukur kepada Allah swt.” Lalu, Nabi saw. bersabda, “Aku lebih layak menghormati Musa a.s. dari pada mereka (orang Yahudi).” Kemudian beliau berpuasa dan memerintahkan sahabatnya untuk berpuasa.” (H.R. Al-Bukhari)

Dalam riwayat Imam Bukhari lainnya disebutkan bahwa sebelum menjadi Nabi, beliau juga telah berpuasa Asyura, namun ketika datang ke Madinah dan melihat umat Yahudi juga berpuasa Asyura maka Nabi menyuruh umat Islam juga berpuasa Asyura. Hal ini sebagaimana riwayat yang bersumber dari Aisyah Ra

كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ يَوْمًا تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي الْجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا نَزَلَ رَمَضَانُ كَانَ مَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ لَا يَصُومُهُ

“Hari Asyura’ adalah hari puasanya orang-orang Quraisy masa Jahiliyyah, dan Rasulullah Saw pun (pada masa Jahiliyah itu) berpuasa Asyura’. Namun, ketika Rasulullah Saw tiba di Madinah dan berpuasa Asyura’ dan memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa Asyura’ pula, maka turunlah ayat tentang kewajiban puasa Ramadhan, lalu Rasulullah Saw mengatakan, siapa yang mau puasa Asyura’ silahkan, dan yang tidak pun silahkan.” (HR. Bukhari)

Berdasarkan dua hadis di atas, maka hukum berpuasa Asyura pada awalnya wajib kemudian menjadi sunnah setelah ada perintah puasa Ramadhan. Menurut Syekh Shalih Abdul Karim al-Zaid, hikmah perintah melaksanakan puasa Asyura untuk mengenalkan puasa berjamaah pada umat Muslim yang dilaksanakan pada waktu tertentu dengan cara tertentu. Ini untuk menyiapkan mental umat Islam untuk menghadapi perintah puasa Ramadhan yang akan diwajibkan ketika syariat puasa Ramadhan dimulai.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa syariat puasa tidak diperintahkan pada umat Islam pada awal Islam, namun baru disyariatkan pada tahun kedua setelah hijrah dan disyariatkan secara bertahap.

Menurut Syekh Shalih Abdul Karim al-Zaid, setidaknya terdapat empat tahapan syariat puasa, yaitu:

Pertama, puasa hanya pada hari-hari tertentu.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ، أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa* yaitu pada hari-hari tertentu. (QS. Al-Baqarah: 183-184)

Menurut beberapa ulama, puasa pada hari-hari tertentu bisa jadi maksudnya adalah puasa senin kamis, atau puasa ayyamul bidh yaitu puasa tiga hari setiap bulan, atau puasa-puasa tertentu lainnya.

Sedangkan menurut Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, bahwa puasa disyariatkan pada tiga tahapan. yaitu awalnya yang disyariatkan adalah puasa Ayyamul Bidh, lalu Asyura, lalu puasa Ramadhan. Puasa Ayyamul Bidh dan Puasa Asyura merupakan puasa yang dilakukan pada hari-hari tertentu saja.

Kedua, memilih antara puasa atau memberi makan orang fakir miskin sebagaimana dalam firman-Nya disebutkan

وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 184)

Menurut Ibnu Katsir, pada awal disyariatkan umat Islam boleh memilih antara menjalankan puasa atau memberikan makan fakir miskin. Hal itu diperbolehkan hingga turun surat Al-Baqarah ayat 185, dimana Allah mewajibkan puasa Ramadhan bagi setiap muslim yang mukallaf.

Ketiga, wajib puasa Ramadhan untuk semua uTahaomat muslim kecuali yang memiliki udzur, maka boleh berbuka dan mengqadhanya. sebagaimana Allah berfirman

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al-Baqarah: 185)

Ibnu Katsir menjelaskan dalam Tafsirnya bahwa tidak diwajibkan puasa ketika sakit dan dalam perjalanan sebab pada dua keadaan tersebut puasa akan terasa berat. Maka diperbolehkan tidak puasa dan menqadhanya di hari lain.

Keempat, keringanan waktu puasa bagi umat muslim. Pada mulanya puasa dimulai setelah tidur atau setelah waktu Isya dan diteruskan sepanjang malam dan hari berikutnya sampai waktu maghrib tiba. Selama waktu itu, diharamkan makan, minum dan berhubungan intim bagi suami istri sepanjang bulan Ramadhan.

Hal itu berat bagi umat Muslim, maka Allahpun memberikan keringanan. Diperbolehkan pada malam-malam ramadhan untuk makan, minum dan berhubungan intim sampai terbit fajar, Allah menurunkan ayat berikut

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (QS. Al-Baqarah: 187)

Ibnu Katsir dalam Tafsirnya menjelaskan, rukhshah tersebut khusus Allah Swt berikan pada umat Muslim sebab di samping panjangnya waktu puasa, larangan yang dibebankan juga berat.

Maka mulai saat itu, meskipun puasa merupakan syariat yang disyariatkan untuk umat-umat sebelumnya namun hanya umat Islam yang mendapatkan keringanan dan kemudahan tapi tetap dengan pahala yang sempurna.

Demikian tahapan disyariatkan puasa dalam Islam. Semoga kita semua dimudahkan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Amiin.

Rekomendasi

Menjamak Shalat karena Bukber Menjamak Shalat karena Bukber

Hukum Menjamak Shalat karena Bukber

Puasa Ramadhan berniat diet Puasa Ramadhan berniat diet

Hukum Perempuan Puasa Ramadhan Sembari Niat Diet

vaksin booster puasa ramadhan vaksin booster puasa ramadhan

Hukum Vaksin Booster Saat Puasa Ramadhan

pasutri berciuman puasa ramadhan pasutri berciuman puasa ramadhan

Pasutri Berciuman Pada Saat Puasa Ramadhan, Bolehkah?

Neneng Maghfiro
Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Peneliti el-Bukhari Institute

Komentari

Komentari

Terbaru

fans k-pop larangan fanatik fans k-pop larangan fanatik

Ramai Kegaduhan Fans K-POP di Space Twitter, Ini Larangan Fanatik dalam Islam

Kajian

UU PRT Harus Disahkan UU PRT Harus Disahkan

Alasan Kenapa UU PRT Harus Segera Disahkan

Muslimah Talk

Film KKN Desa Penari Film KKN Desa Penari

Film KKN Desa Penari; Begini Penjelasan Buya Syakur tentang Ruh Orang yang Meninggal Karena Santet atau Sihir

Kajian

Ayah Alami Postpartum Blues Ayah Alami Postpartum Blues

Tidak Hanya Ibu Hamil, Ayah Juga Bisa Mengalami Postpartum Blues

Muslimah Talk

Kehidupan Manusia Setelah Kematian Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Dalil Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Kajian

penembakan wartawan palestina shireen penembakan wartawan palestina shireen

Mengutuk Aksi Penembakan Terhadap Wartawan Palestina, Shireen Abu Akleh

Muslimah Talk

Doa Saat Naik Kendaraan Doa Saat Naik Kendaraan

Doa Saat Naik Kendaraan

Ibadah

keguguran pengalaman perempuan dibicarakan keguguran pengalaman perempuan dibicarakan

Keguguran, Pengalaman Perempuan yang Jarang Dibicarakan

Muslimah Talk

Trending

Shalat Jamak syarat dilakukan Shalat Jamak syarat dilakukan

Shalat Jamak dan Syarat-syarat yang Harus Dilakukan

Ibadah

kepemilikan aset kripto dizakati kepemilikan aset kripto dizakati

Apakah Kepemilikan Aset Kripto Harus Dizakati?

Kajian

Nyai Hannah lirboyo hafizah Nyai Hannah lirboyo hafizah

Mengenal Nyai Hannah Lirboyo; Sosok Ulama Perempuan dan Role Model Hafizah Masa Kini

Khazanah

memberi zakat meninggalkan shalat memberi zakat meninggalkan shalat

Hukum Memberi Zakat Pada Orang yang Meninggalkan Shalat, Bolehkah?

Kajian

UU TPKS Telah Disahkan UU TPKS Telah Disahkan

UU TPKS Telah Disahkan, Masih Ada Tugas Lain yang Menanti

Muslimah Talk

laki-laki jadi korban kdrt laki-laki jadi korban kdrt

Tidak Hanya Pada Perempuan, Laki-Laki Pun Bisa Jadi Korban KDRT

Kajian

anggota keluarga menggantikan puasa anggota keluarga menggantikan puasa

Apakah Anggota Keluarga Bisa Menggantikan Puasa Kerabat yang Sudah Wafat?

Kajian

tata cara membayar fidyah tata cara membayar fidyah

Tata Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadhan

Kajian

Connect