Ikuti Kami

Ibadah

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

beberapa ibadah bulan syawal
Source: Getyyimages.com

BincangMuslimah.Com – Syawal merupakan bulan yang jatuh setelah berakhirnya Ramadhan, di mana pada bulan ini juga terdapat berbagai keutamaan dan keistimewaan di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenis ibadah di bulan Syawal yang dapat kita lakukan untuk menambah pundi-pundi pahala dan meningkatkan keimanan serta takwa kepada Allah;

Menghidupkan Hari Raya Idul FItri

Pada lebaran Idul Fitri, umat muslim melaksanakan shalat sunnah Id, selain itu ada berbagai amalan lain yang juga dianjurkan untuk dikerjakan. Di antaranya ialah memperbanyak takbir dimulai ketika matahari terbenam memasuki malam satu Syawal hingga dilaksanakannya shalat Id.

Kemudian juga menghidupkan malam Idul Fitri dengan shalat berjamaah, qiyamul lail, membaca Alquran, menunaikan zakat bagi yang belum melakukannya di bulan Ramadhan, sedekah, juga silaturahmi antar kerabat dan tetangga, serta saling memaafkan satu sama lain. 

Anjuran menghidupkan malam hari raya Fitri tersebut didasarkan pada hadis Nabi saw.: “Barangsiapa menghidupi dua malam hari raya, hatinya tidak mati di hari matinya beberapa hati.” (HR. Daruquthni)

Berpuasa Enam Hari di Bulan Syawal

Keutamaan beribadah di bulan Syawal yang lain adalah melakukan puasa enam harinya. Berpuasa pada hari pertama bulan Syawal memang dilarang, karena hari tersebut adalah hari tasyriq. 

Namun, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa selama enam hari di bulan ini. Puasa dapat dimulai dari hari kedua Syawal, atau kapan saja selama bulan ini masih berlangsung. Tetapi yang paling baik dan dianjurkan adalah yang dilakukan secepatnya dan berturut-turut.

Puasa sunnah Syawal juga menjadi salah satu penentu diterima tidaknya amal puasa di bulan Ramadhan. Disampaikan oleh Imam Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab Lathaiful Ma’arif:  

“Tanda-tanda diterimanya ketaatan adalah dengan konsisten terus beribadah setelahnya. Dan tanda-tanda ditolaknya ketaatan adalah dengan melakukan kemaksiatan setelahnya. Betapa mulianya suatu ibadah yang dilakukan setelah ibadah yang lain, dan betapa jeleknya sebuah keburukan yang dilakukan setelah ibadah.” 

Baca Juga:  Musafir Boleh Tidak Puasa, Perhatikan Ketentuannya

Selain itu sebagaimana telah dijelaskan dalam hadis bahwa nilai puasa Syawal setara dengan puasa selama setahun penuh. “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).

Keutamaan melaksanakan puasa sunnah pada bulan Syawal yang lain adalah amal tersebut dapat menyempurnakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sehingga jika tidak memiliki halangan apapun, dianjurkan untuk melaksanakan ibadah yang satu ini.

Penyempurna Amalan di Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Syawal yang ketiga adalah sebagai waktu penyempurna ibadah-ibadah Ramadhan. Bukan hanya puasa Syawal, amalan-amalan lain yang pernah kita jalankan alangkah baiknya tetap dilaksanakan khususnya di bulan ini. 

Sebab Syawal juga merupakan bulan pembuktian nilai-nilai takwa, artinya ajang untuk membuktikan apakah kita mampu mempertahankan dan meningkatkan keimanan selamanya, tak hanya sewaktu Ramadhan saja.

Ibadah tersebut contohnya adalah itikaf, tadarus, sedekah, mengkaji ilmu, dan lainnya yang kurang maksimal kita lakukan saat Ramadan. Melakukan beberapa amalan tersebut juga merupakan keistimewaan di bulan Syawal yang di dalamnya terdapat peluang pahala besar bagi umat Islam yang tak boleh dilewatkan.

Bulan Baik untuk Menikah

Ibadah yang dianjurkan terakhir adalah, bulan ini dikenal sebagai bulan yang baik untuk menikah. Pada bulan Syawal, Rasulullah melangsungkan pernikahan dengan Ummu Salamah di tahun kedua bulan Hijriyah pasca perang badar. Sebelumnya, Rasulullah juga menikahi Sayyidah Aisyah di tahun ke-10 kenabian pada bulan Syawal. 

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dan an-Nasa’i, bahwa Aisyah berkata, “Rasulullah saw. menikahiku saat bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?” 

Baca Juga:  Ini Makna 5 Huruf Pada Kata Ramadhan

Jadi, melaksanakan pernikahan di bulan Syawal merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan bagi umat Nabi Muhammad yang telah memiliki rencana serta persiapan yang sudah sangat matang di antara kedua belah pihak.

Demikianlah beberapa keutamaan beribadah di bulan Syawal. Selain sebagai tanda hari kemenangan bagi umat muslim karena telah berhasil melaksankan puasa satu bulan penuh, di dalam bulan Syawal terdapat banyak sekali fadilah dan pahala yang disediakan Allah. Oleh karena itulah, melakukan beberapa ibadah di bulan Syawal tidak boleh lagi dilewatkan bagi setiap muslim terutama yang belum sungguh-sungguh di bulan sebelumnya.[]

Rekomendasi

keutamaan puasa dzulhijjah keutamaan puasa dzulhijjah

Keutamaan Puasa di Awal Bulan Dzulhijjah

puasa syawal kurang enam puasa syawal kurang enam

Puasa Syawal Tapi Kurang dari Enam Hari, Bagaimana Hukumnya?

puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Komentari

Komentari

Terbaru

Biografi Siti Suryani Thahir Biografi Siti Suryani Thahir

Biografi Siti Suryani Thahir: Perintis Majelis Taklim Jakarta

Muslimah Talk

Perempuan Bekerja saat Iddah Perempuan Bekerja saat Iddah

Bolehkah Perempuan Bekerja saat Masa Iddah?

Kajian

Belum Berhaji Menjadi Badal Haji Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Hukum Orang yang Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Ibadah

Biografi Yenny Wahid Biografi Yenny Wahid

Biografi Alissa Wahid: Pejuang Moderasi Beragama Perempuan Indonesia

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

Connect