Ikuti Kami

Ibadah

Benarkah Puasa Dapat Memperlambat Penuaan?

puasa dapat memperlambat penuaan

BincangMuslimah.Com – Saat ini, umat muslim di seluruh dunia sedang menjalankan salah satu kewajiban yang termaktub dalam rukun Islam yang lima yakni menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan. Perintah puasa ini sesuai dengan Firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al-Baqarah (2) : 183)

Selama menjalankan ibadah puasa, kita diharuskan untuk menahan diri dari makan, minum dan melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa lainnya. Tubuh yang terbiasa menerima asupan makanan yang lezat dan tinggi kalori setiap harinya akan mengalami perubahan yang pada sebagian orang mengakibatkan lemas, mual, mengantuk dan lain sebagainya.

Namun tahukah kamu? bahwa di balik ketidaknyamanan di atas ternyata puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah mengembalikan kondisi vitalitas organ tubuh menjadi lebih muda dalam artian puasa dapat memperlambat penuaan.  Hal ini sesuai dengan pernyataan Shinya dalam bukunya yang berjudul “Keajaiban Enzim Awet Muda” bahwa puasa dapat membangkitkan enzim awet muda dan kemampuan regenerasi tubuh.

Menurut seorang Ahli Biologi Sel dari Jepang, Yoshinori Oshumi yang memenangkan Penghargaan Nobel Bidang Fisiologi dan kedokteran pada 2016, puasa dapat mengaktifkan autofagi dalam tubuh manusia. Autofagi berasal dari bahasa Yunani yakni auto (sendiri) dan phagein (memakan), yang secara etimologisnya dapat diartikan sebagai ‘memakan diri sendiri’.

Dalam perbendaharaan Biologi Sel, autofagi adalah proses sel-sel dapat memakan dirinya sendiri untuk menghancurkan dan mendaur ulang komponen-komponen atau bagian sel yang sudah tua dan tidak berfungsi lagi yang dapat mendorong pembaruan sel secara perlahan dan menghambat penuaan dini.

Baca Juga:  Lima Hal yang Boleh Dilakukan Suami Saat Istri Haid

Sebagaimana dilansir dari website Psikologi Universitas Muhammadiyah Magelang, autofagi sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup dan menjaga sel tetap sehat, tanpanya sel-sel tubuh manusia tidak akan bertahan. Ibaratnya, autofagi adalah sistem pembuangan limbah dalam sel yang dapat memberihkan sampah-sampah yang menumpuk dan mengganngu fungsi sel.

Uniknya, autofagi tidak dapat terjadi ketika sel ‘kenyang’ karena banyaknya pasokan nutrien karena autofagi adalah respon adaptasi sel ketika mengalami stres berupa lapar. Ketika sel lapar, mereka mengkonsumsi protein dari organ sel yang telah rusak yang ada dalam diri mereka sendiri agar memperoleh bahan bakar untuk terus hidup.

Selain itu, selama berpuasa terjadi matabolix switch atau perubahan arah metabolisme dari penggunaan glukosa dari karbohidrat menjadi pengoptimalan asam lemak dari tubuh. Penggunaan lemak ini menyebabkan simpanan lemak berkurang sehingga dapat memperbaiki komposisi tubuh.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Okinawa Institute of Science and Technology Graduate University yang dipimpin  oleh Dr. Takayuki Teruya yang dimuat dalam Jurnal Nature 2019 menyatakan bahwa puasa terlihat sebagai proses pasif di mana tubuh seolah-olah beristirahat untuk sementara waktu. Namun ternyata, saat tubuh dalam keadaan lapar terjadi peningkatan aktivitas metabolisme. Hasil metabolit yang terbentuk menunjukkan bahwa selama berpuasa terjadi perbaikan pembakaran energi oleh mitokondria, peningkatan aktivitas pembersihan sampah sel dan peremajaan sel di seluruh tubuh.

Penelitian ini juga mengungkap bahwa puasa ternyata mampu memingkatkan kandungan senyawa asam amino purine dan pyrimidine. Peningkatan senyawa asam tersebut adalah tanda meningkatnya pembentukan antioksidan seperti ergothioneine dan carnosine yang dapat melawan radikal bebas akibat oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dan penyakit kronis.

Baca Juga:  Saat Ziarah Kubur Perhatikan Dua Hal Berikut Ini

Selain itu riset yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Georgia State University menemukan adanya molekul yang diproduksi ketika tubuh minim asupan karbohidrat di mana kondisi tersebut dapat memperlambat proses penuaan di sistem vaskular. Sebagaimana dilansir dari republica.co.id sudah ada penelitian terdahulu mengenai hubungan antara sedikit makan dengan perlambatan penuaan. Ming-Hui Zou, seorang peneliti senior mengatakan bahwa berpuasa membuat tubuh memproduksi beta-hydroxybutane yang dapat menghambat penuaan sel yang biasa disebut senescene. Sebaliknya, ketika kita makan dalam jumlah yang banyak, beta-hydroxybutane akan tertekan dan mengakibatkan penuaan lebih cepat terjadi.

Tentunya agar mampu mendapatkan manfaat berpuasa secara optimal kita juga harus mulai bijak dalam memilih menu buka puasa seperti hindari makanan yang terlalu manis dari karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan proses glikasi yang dapat mempercepat penuaan, seperti gula pasir, gula sukrosa dan fruktosa yang ada dalam minuman kemasan, tepung-tepungan, dan nasi.

Selain itu hindari juga mie, pasta dan roti karena masakan ini memiliki karbohidrat kompleks yang sifatnya sama dengan karbohidrat sederhana. Mulai mengkonsumsi karbohidrat yang lebih sehat yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan seperti nasi merah, nasi hitam, ubi-ubian, oat dan sayuran serta buah-buahan kaya warna. Juga hindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan, martabak, dan makanan kaya santan.

Apabila kita ingin puasa dapat memperlambat penuaan dini maka kita dapat menjaga diri untuk tidak makan secara berlebihan ketika berbuka puasa. Selamat mencoba dan menjalankan ibadah puasa.

Rekomendasi

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Tahapan Diwajibkannya Puasa Ramadhan Tahapan Diwajibkannya Puasa Ramadhan

Tahapan Diwajibkannya Puasa Ramadhan

Arti Takjil yang Sesungguhnya Arti Takjil yang Sesungguhnya

Sering Keliru, Ini Arti Takjil yang Sesungguhnya

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Ditulis oleh

Mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta, Peneliti Pendidikan Islam

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect