Ikuti Kami

Khazanah

Kisah Kebaikan Hati Umar bin Khattab pada Seorang Yahudi

Konsep Kafir Menurut Quraish Shihab
akurat.co

BincangMuslimah.Com – Sudah tak asing lagi di telinga, terkait sikap toleransi sahabat Nabi, terutama Umar bin Khattab. Selaku sahabat terdekat Nabi, juga seorang Khalifah Islam, Umar bin khattab begitu dekat dan mencintai siapapun, bahkan pada seorang Yahudi yang non muslim. Memang Umar  merupakan sahabat yang penuh kasih dan cinta dalam hatinya.

Sikap toleransi yang ada dalam diri Umar, tak lain ia peroleh dan contoh dari baginda Nabi. Nabi Muhammad adalah  sosok yang mengajarkan para sahabat untuk memuliakan dan bergaul dengan non-Muslim. Nabi mengajarkan  setiap manusia layak untuk dicintai dan dikasihi sekalipun kita beragama dengannya, selama ia menghormati umat Islam, maka wajib melindunginya.

Terdapat kisah penuh cinta,  yang menggambarkan kebaikan hati Umar terhadap non Muslim. Kisah ini dapat dijumpai dalam kitab al Kharraj, karya Qadhi  Abu Yusuf Ya’qub bin Ibrahim. Dalam kitab al Kharraj, diceritakan kisah khalifah Umar bin Khattab dengan seorang lelaki tua dan miskin dari kalangan agama Yahudi.

Syahdan, pada suatu saat Umar tengah blusukan menyusuri wilayah teritorial kekuasaanya. Sudah lama ia berjalan dan melewati satu daerah demi satu daerah. Hingga ia melewati di depan rumah seorang lelaki tua renta. Pria tua itu seorang yang beragama Yahudi.

Pada saat Umar sedang lewat rumah itu, elaki tua sedang sedang duduk asyik di depan pintu. Melihat si tua bangka itu, Umar pun menegurnya, sembari mengajak berbicara, sepatah dua patah kata. Tak butuh lama, dialog antar keduanya pun terjalin.

Amirul Mukminin ini menanyakan, apa nian yang sedang dilakukan si tua bangka di depan pintu rumahnya. Si lelaki tua Yahudi itu pun menjawab, “Aku sedang susah. Untuk memenuhi kehidupan ku sehari hari,“ katanya berkeluh kesah.

Baca Juga:  Rasulullah Ditegur karena Mengabaikan Sahabat Disabilitas

Mendengar itu, tergores sudah hati Umar bin Khattab. Timbul rasa kasihan dan iba terhadap lelaki tua renta itu. Tak berselang lama, Umar memerintahkan pada bawahannya untuk memberikan harta dari harta dari baitul mal pada lelaki Yahudi itu.

Di samping itu, Umar juga memerintahkan bahwa harta dari baitul mal itu juga untuk menanggung kehidupannya dan membiayai hidupnya setiap hari, agar bisa makan dan membeli pakaian yang pantas. Umar juga menyuruh negara untuk menanggung biaya makan keluarganya. Negara harus turut andil membantu rakyatnya.

Itulah Umar bin Khattab, khalifah yang tegas, sekaligus penuh kasih dan sayang. Khalifah yang mencintai manusia tanpa tak memandang suku, ras, dan agamanya.  Umar hanya melihat manusia sebagai manusia.Cukuplah kemanusiaan yang menjadi alasan untuk memanusiakan manusia.

Pada kisah lain, tercatat dalam buku Fiqh minoritas : fatwa kontemporer terhadap kehidupan kaum muslimin di tengah masyarakat non muslim, karya dari Yusuf Al Qardhawi memuat kemurahan dan kebaikan hati Khalifah Umar juga pada tetangganya yang beragama Yahudi. Bahkan ia senantiasa berwasiat pada anaknya, Abdullah bin Umar untuk selalu memberikan daging hasil kurban pada tetangganya Yahudi.

Adapun wasiat itu selalu diulang-ulang oleh Umar bin Khattab setiap Idul Adha. Sehingga Abdullah bin Umar hafal dan senantiasa mengingat wasiat itu, sekalipun Umar telah wafat. Tapi nasihat ayahnya masih ternyiang-nyiang.

Ketika masih hidup, Umar memiliki seorang tetangga yang beragama Yahudi. Umar sangat sangat menyayangi tetangganya yang beragama Yahudi itu.  Tak pernah mereka berselisih paham, sekalipun berbeda keyakinan. Tak pernah saling menghina dan menjelekkan masing-masing. Saking perhatiannya Umar, kelak ketika ia telah tiada,  Umar  ingin ingin anaknya, Abdullah  memuliakan Yahudi tersebut, persis ketika ia masih hidup.

Baca Juga:  Kartini dan Upaya Memperjuangkan Emansipasi

Nasihat  dan wasiat Umar itu senantiasa diingat Abdullah. Meskipun  ayahnya telah tiada. Persis ayahnya, Abdullah  juga sangat memperhatikan tetangga meraka yang beragama Yahudi. Padahal itu notabenenya seorang non muslim. Yang berbeda keyakinan dan agama dengan ayahnya.

Perhatian penuh cinta Abdullah terhadap Yahudi tersebut, tampak  terlihat oleh anaknya. Si anak memberanikan diri bertanya pada  Abdullah, terkait alasan begitu mengasihi dan mencintai Yahudi tersebut.

Ibn Umar menjawab,  itu adalah wasiat dari ayahnya, Umar bin Khattab untuk memuliakan Yahudi tersebut. Di samping itu, memuliakan dan menghormati tetangga merupakan perintah Rasulullah, kendatipun itu seorang non muslim. Berikut perkataan dari Abdullah bin Umar bin Khattab;

 قال ابن عمرو: إن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “ما زال جبريل يوصيني بالجار حتى ظننت أنه سيورثه

Artinya: berkata Abdullah bin Umar; Sesungguhnya Nabi bersabda; Senantiasa Jibril memberikan wasiat kepada ku tentang tetangga ku, sehingga aku menyangka bahwa tetangga ku adalah keluarga ku.

Itulah sekilas kisah terkait Khalifah Umar bin Khattab yang penuh kasih dan cinta pada non muslim. Umar tak membedakan manusia disebabkan agama dan keyakinan yang berbeda-beda. Umar senantiasa mencintai manusia, terlebih mereka yang lemah secara ekonomi, sosial, dan politik. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi

Ummu Hisyam binti Haritsah Ummu Hisyam binti Haritsah

Ummu Hisyam binti Haritsah, Pemelihara Surat Qaf dari Lisan Rasulullah

Citra Perempuan dalam alquran Citra Perempuan dalam alquran

Kisah Ummu Mahjan, Masuk Surga Sebab Memungut Sampah di Masjid

rasulullah ditegur mengabaikan disabilitas rasulullah ditegur mengabaikan disabilitas

Rasulullah Ditegur karena Mengabaikan Sahabat Disabilitas

Semua Sahabat Meriwayatkan Hadis Semua Sahabat Meriwayatkan Hadis

Apakah Semua Sahabat Bisa Meriwayatkan Hadis?

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

Komentari

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect