Ikuti Kami

Khazanah

Gambaran Surga dalam Lagu Gala Bunga Matahari

Gambaran Surga Gala Bunga Matahari
Gambaran Surga Gala Bunga Matahari

BincangMuslimah.Com – Postingan reels dengan latar suara lagu Gala Bunga Matahari karya Sal Priadi selalu muncul di beranda reels instagram akhir-akhir ini. Lirik lagu Gala Bunga Matahari mengingatkan tentang gambaran surga yang tercantum dalam Alquran. 

Cerita tentang sungai surga, air susu yang melintasinya, fisik yang kembali kuat perkasa dan muda, serta hati yang selalu gembira ternyata selaras dengan gambaran surga dalam ayat-ayat Alquran berikut. 

Adakah sungai-sungai itu benar-benar dilintasi air susu?

Keindahan surga tak bisa dibayangkan karena terlalu indah. Gambaran kenikmatan dalam ayat ini adalah hadiah bagi orang-orang bertakwa, orang menjalankan perintah  dan menjauhi larangan Allah ketika di dunia. Kenikmatan inilah yang dijanjikan Allah bagi mereka. 

Salah satu keindahan surga yang terlukis dalam Alquran adalah aliran sungai susu. Keindahan ini terpotret dalam QS. Muhammad [47]: 15.

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَۗ فِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّىۗ وَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ

Artinya: “Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa (adalah bahwa) di dalamnya ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, sungai-sungai air susu yang rasanya tidak berubah, sungai-sungai khamar yang lezat bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah dan ampunan dari Tuhan mereka. (Apakah orang yang memperoleh kenikmatan surga) sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga usus mereka terpotong-potong?”

Juga badanmu tak sakit-sakit lagi 

Sering kali kita dihadapkan pada situasi orang terkasih mengalami sakit yang tak tertahankan. Mereka terbaring di atas ranjang rumah sakit, bernafas menggunakan oksigen, bahkan cuci darah setiap minggunya. Rasa sakit ini akan hilang ketika mereka meninggalkan dunia ini. 

Baca Juga:  Raden Siti Jenab, Pendiri Sekolah Pertama di Cianjur

Melaui firman-Nya dalam QS. Fathir [35]: 35, kita diajak melihat keadaan para penghuni surga yang tidak pernah lesu. 

ࣙالَّذِيْٓ اَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهٖۚ لَا يَمَسُّنَا فِيْهَا نَصَبٌ وَّلَا يَمَسُّنَا فِيْهَا لُغُوْبٌ 

Artinya: (Dia) yang menempatkan kami di tempat yang kekal (surga) dengan karunia-Nya. Di dalamnya kami tidak lelah dan lesu.”

Hadis Nabi  juga menceritakan hal serupa. Kelak para penghuni surga akan mengalami kebahagiaan dan kesehatan yang abadi. Mereka tak akan merasakan rasa sakit dan tanda-tanda penuaan. 

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، وَأَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يُنَادِي مُنَادٍ: إِنَّ لَكُمْ أَنْ تَصِحُّوا فَلَا تَسْقَمُوا أَبَدًا، وَإِنَّ لَكُمْ أَنْ تَحْيَوْا فَلَا تَمُوتُوا أَبَدًا، وَإِنَّ لَكُمْ أَنْ تَشِبُّوا فَلَا تَهْرَمُوا أَبَدًا، وَإِنَّ لَكُمْ أَنْ تَنْعَمُوا فَلَا تَبْأَسُوا أَبَدًا

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri dan Abu Hurairah raḍiyallāhu ‘anhuma, dari Nabi Muhammad saw. beliau bersabda: Jika penghuni surga masuk surga, seorang penyeru berseru: “Hendaknya kalian tetap hidup dan tidak mati selama-lamanya. Hendaknya kalian tetap sehat dan tidak sakit selama-lamanya. Hendaknya kalian tetap muda dan tidak menjadi tua untuk selama-lamanya. Hendaknya kalian bersenang-senang dan janganlah berputus asa selama-lamanya” (HR. Imam Muslim).

Kau dan orang-orang di sana muda lagi

Semakin  bertambah usia semakin tua juga seseorang. Kulit yang semula kencang berubah menjadi keriput. Begitu juga dua kaki berubah menjadi tiga kaki dengan tongkat kayu karena tak kuat jalan tanpa alat pembantu. 

Keadaan ini tak akan ada lagi di surga nanti. Tak ada lagi penuaan. Mereka kembali berada di masa muda dengan wajah yang rupawan. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Insan [76]: 19 

Baca Juga:  Telah Berpulang Nawal el-Sa’dawy, Pejuang Perempuan dan Keadilan di Mesir

وَيَطُوْفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُّخَلَّدُوْنَۚ اِذَا رَاَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا مَّنْثُوْرًا

Artinya: Mereka dikelilingi oleh para pemuda yang tetap muda. Apabila melihatnya, kamu akan mengira bahwa mereka adalah mutiara yang bertaburan.

Semua pertanyaan, temukan jawaban

Semua penghuni surga akan mendapatkan apa yang mereka inginkan, termasuk semua pertanyaan yang belum ditemukan jawabannya di kehidupan dunia. Kenikmatan ini terekam dalam QS. Fushilat [41]: 31.

نَحْنُ اَوْلِيَاۤؤُكُمْ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَفِى الْاٰخِرَةِۚ وَلَكُمْ فِيْهَا مَا تَشْتَهِيْٓ اَنْفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيْهَا مَا تَدَّعُوْنَۗ

Artinya: Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat. Di dalamnya (surga) kamu akan memperoleh apa yang kamu sukai dan apa yang kamu minta.

Hati yang gembira, sering kau tertawa

Lirik ini menggambarkan kebahagiaan yang selalu dirasakan oleh penghuni surga. Tidak ada rasa sedih sedetikpun. Mereka merasakan kesenangan dan kenikmatan yang belum pernah mereka temukan, keindahan yang belum pernah mereka lihat, dan suara menyejukkan kalbu yang belum pernah mereka dengar. Keadaan ini senada dengan dalam QS. Yasin [36]: 55.

نَّ اَصْحٰبَ الْجَنَّةِ الْيَوْمَ فِيْ شُغُلٍ فٰكِهُوْنَۚ

Artinya: Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu berada dalam kesibukan (sehingga tidak sempat berpikir tentang penghuni neraka) lagi bersenang-senang.

Kita diingatkan kembali tentang gambaran surga dalam lirik Lagu Gala Bunga Matahari ini. Lagu ini juga menjadi pengingat bagi kita untuk menyiapkan bekal sehingga bisa menyusul para orang-orang salih dan menikmati keindahan surga yang abadi.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Sarjana Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pegiat Kajian Bidang Fikih.

Komentari

Komentari

Terbaru

Retno Marsudi: Diplomat Handal dengan Segudang Prestasi

Diari

Cara mendidik anak Nabi Ibrahim Cara mendidik anak Nabi Ibrahim

Teladan Rasulullah Sebagai Kepala Keluarga

Khazanah

Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid? Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid?

Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid?

Kajian

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

Tafsir Surah al-Ahzab Ayat 21: Rasulullah Teladan Bagi Manusia

Khazanah

Etika Mengadakan Acara di dalam Masjid

Kajian

Ummu Sulaim Ummu Sulaim

Ibu Sempurna dalam Pandangan Masyarakat

Diari

Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya

Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya

Keluarga

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

mona haedari pernikahan anak kdrt mona haedari pernikahan anak kdrt

Suami Boleh Saja Memukul Istri, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Kajian

Connect