Ikuti Kami

Subscribe

Keluarga

Parenting Islami ; Bagaimana Cara Mendidik Anak Untuk Perempuan Karir?

Melatih Kemandirian Anak
gettyemages.com

Bincangmuslimah – Mendidik anak di tengah kesibukan pekerjaan tentu bukanlah hal mudah. Seorang perempuan karir yang sekaligus berperan sebagai ibu harus mempunyai cara yang tepat untuk mendidik sang anak, agar tumbuh kembang anak bisa terpenuhi dan karir pun bisa berjalan baik.

Memprioritaskan diri menjadi perempuan karir atau fokus merawat anak bukanlah pilihan mudah, saat berada dalam dunia karir, seorang perempuan bisa memegang peran penting lagi bermanfaat bagi orang lain. Namun di sisi lain, dia juga harus mampu memenuhi tanggung jawab besarnya sebagai ibu.

Para perempuan karir ataupun orangtua karir yang memiliki keterbatasan waktu dengan anak-anak bisa memanfaatkan waktu longgarnya untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya. Yakni dengan menggunakan metode keteladanan (Uswah Hasanah). Maksudnya adalah mendidik anak dengan cara memberi teladan yang baik.

Misalnya, ketika kamu pulang kerja sore hari dan melihat rumah berantakan karena perbuatan anakmu, maka janganlah langsung marah. Memang, setelah bekerja tubuh tentu lelah dan ingin segera beristirahat, tetapi janganlah terbawa emosi. Coba tenangkan pikiran, ajak anak berkomunikasi dengan baik, buat anak bercerita dengan nyaman. Karena jika tidak seperti itu, anak justru akan tertutup dan merasa takut.

Bila kita kembali kepada sejarah, ternyata metode keteladanan ini bukanlah suatu hal baru, bahwa cikal bakal keteladanan sudah diterapkan pada masa Rasulullah SAW. dalam hidupnya, Rasulullah SAW selalu memberikan contoh yang baik kepada para sahabatnya, istrinya, anaknya, maupun cucunya, baik melalui ucapan maupun perbuatan beliau.

Jadi ketika waktu mendidik anak terbatas, janganlah terlalu banyak memberikan teori, cukup contohkan suri tauladan yang baik. Dengan demikian, anak akan menjadikan orangtuanya sebagai panutan.

Mendidik bukanlah pekerjaan mudah. Namun, kenyataannya setiap orang dituntut untuk menjadi pendidik. Zakiah Daradjat dalam Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah menuliskan, kasih sayang adalah kebutuhan jiwa yang paling pokok dalam kehidupan manusia, anak kecil yang merasa kurang disayangi oleh orangtuanya akan menderita hatinya, dan kecerdasan anak mungkin akan sedikit berkurang.

Metode keteladanan ini bisa menjadi cara yang efektif dan efesien dalam membentuk kepribadian anak. Posisi pendidik sebagai teladan yang baik akan ditiru oleh sang anak. Keteladananlah menjadi faktor penentu baik buruknya sifat anak. Apalagi jika mencontohkan teladan yang sesuai dengan ajaran Islam, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan berakhlak Qur’ani.

Keterbatasan waktu karena pekerjaan tidak akan menjadi kendala jika orangtua bisa mencontohkan teladan yang baik. Mengutip perkataan Ali Qaimi, penulis buku Anak Bermasalah, bahwa setiap pendidik diharapkan mampu menjadi teladan, hendaklah memelihara tingkah lakunya, disertai dengan kesadaran bahwa ia bertanggungjawab di hadapan Allah dalam segala hal yang diikuti oleh orang lain.

Seorang pendidik atau orangtua yang mencontohkan teladan yang baik, secara tidak langsung juga mendidik dirinya untuk senantiasa bertanggungjawab, karena sikap dan ucapannya akan ditiru oleh anaknya, hingga kemudian menentukan sifat anaknya. Wallahu ‘alam

Rekomendasi

Norma Azmi Farida
Ditulis oleh

Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, aktif di CRIS Foundation (Center for Research dan of Islamic Studies)

Komentari

Komentari

Terbaru

Keistimewaan Membaca Al-Qur’an bagi Ibu Hamil

Ibadah

Shalat Qabliyah Subuh, Keutamaan, Tata Cara dan Sunah-Sunahnya

Ibadah

Untuk Lelaki: Yuk Gabung Buat Lawan Patriarki

Diari

Totalitas Kesungguhan Hannah Ibunda Maryam dalam Berdoa untuk Keturunannya

Keluarga

Peluncuran Buku “Kisah Inspiratif Pemimpin Pesantren: Pengalaman Rihlah Kiai/Nyai ke Negeri Sakura

Muslimah Daily

Kenapa Ibu Hamil Harus Selalu Berpikir Positif?

Muslimah Daily

poligami poligami

Syarat Melakukan Poligami

Kajian

Langgengnya Budaya Rape Culture Sesama Perempuan

Diari

Trending

Shafiyah binti Huyay Shafiyah binti Huyay

Shafiyah binti Huyay, Putri Pembesar Yahudi yang Dinikahi Nabi Saw

Muslimah Talk

Beauty Previllege, Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

dalil puasa rajab dalil puasa rajab

Berapa Hari Kita Disunnahkan Puasa Rajab?

Ibadah

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

waktu berbulan madu waktu berbulan madu

Kapan Sebaiknya Waktu Berbulan Madu?

Ibadah

jenis mukena jenis mukena

Benarkah Orang Pingsan Tidak Wajib Mengqadha Shalatnya?

Ibadah

Hukum Jual Beli dan Syarat Barang yang Sah Diperjual Belikan

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Parenting Islami: Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Connect