Ikuti Kami

Subscribe

Ibadah

Hukum Memakai Make-up Sebelum Shalat

BincangMuslimah.Com – Setiap hari minimal lima kali, umat Muslim akan bermunajat kepada Allah Swt. melalui salat-salat fardu. Jika ia biasa berpakaian rapi sebelum berangkat kerja atau menghadiri acara-acara resmi, maka ia pun akan memakai pakaian terbaiknya, berhias sebelum melaksanakan salat. Lalu bagaimana hukum berhias atau berdandan sebelum salat?

Hukum berdandan sebelum salat adalah sunah dengan niat khusyuk/ketundukannya kepada Allah Swt dan untuk mengagungkan-Nya. Tetapi jika ia niat takabur dan sombong maka hal ini diharamkan, karena hanya Allah Swt. sajalah yang berhak untuk sombong.

Jadi, hendaknya orang muslim ketika hendak melaksanakan salat memakai pakaian yang suci, bersih dan salah satu dari pakaian terbaiknya. Sebagaimana telah dianjurkan di dalam hadis Nabi Saw.

عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ وَلاَ يُرَى نَافِعٌ إِلاَّ أَنَّهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ :« إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَلْبَسْ ثَوْبَيْهِ ، فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ أَحَقُّ مَنْ تُزِيَّنَ لَهُ ، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ ثَوْبَانِ فَلْيَأْتَزِرْ إِذَا صَلَّى ، وَلاَ يَشْتَمِلْ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ اشْتِمَالَ الْيَهُودِ ».

Dari Nafi, dari Abdullah, dan Nafi’ tidak mengetahui Abdullah (mendapatkan hadis ini) kecuali dari Rasulullah saw. beliau bersabda: “Jika salah satu darimu salat, maka pakailah dua helai baju, karena Allah Swt. lebih berhak kepada orang yang berhias untuknya. Maka jika kamu tidak memiliki dua baju, hendaklah memakai sarung ketika salat. Dan janganlah salah satu di antara kamu berkemul di dalam salatnya seperti berkemulnya orang Yahudi. (HR. Al Baihaqi di dalam Al-Sunan Al-Kubra)

Berdasarkan keterangan di atas, maka bagi orang muslim hendaknya berhias atau berdandan sebelum salat. Persiapkan diri dengan pakaian yang suci, bersih dan baik sebelum melaksanakan salat. Tetapi semua itu dilakukan dengan tujuan ingin mendekatkan diri kepada Allah Swt. serta mengagungkan-Nya, bukan dengan niat untuk pamer atau sombong.

Wa Allahu A’lam bis Shawab.

*Artikel ini pernah dimuat bincangsyariah.com

Annisa Nurul Hasanah
Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Trending

Perempuan yang Mimpi Basah Juga Wajib Mandi Besar Perempuan yang Mimpi Basah Juga Wajib Mandi Besar

Apakah Perempuan yang Mimpi Basah Juga Wajib Mandi Besar?

Ibadah

bersetubuh saat azan bersetubuh saat azan

Hukum Menyetubuhi Istri yang Sedang Istihadah

Kajian

Tips Memiliki Tubuh Ideal Dari Sayyidah Aisyah

Muslimah Daily

Ini Lima Perbedaan Laki-Laki dan Perempuan dalam Hal Shalat

Ibadah

Anak Kecil Jadi Imam Ibunya, Bolehkah? Anak Kecil Jadi Imam Ibunya, Bolehkah?

Batalkah Shalat Perempuan yang Dahinya Tertutup Mukena Saat Sujud?

Ibadah

Nasihat Nabi untuk Suami yang Tergoda Wanita Lain Nasihat Nabi untuk Suami yang Tergoda Wanita Lain

Nasihat Nabi untuk Suami yang Tergoda Perempuan Lain

Keluarga

bertengkar suami-istri bertengkar suami-istri

Jihad Seorang Perempuan Menurut Ali Bin Abi Thalib

Kajian

Hafshah binti Sirrin ; Ulama Hadis Perempuan dari Kalangan Tabiin yang Zuhud

Khazanah

Rekomendasi

© 2019 Bincang Muslimah - All Right Reserved

Connect