Ikuti Kami

Subscribe

Ibadah

Doa Shalat Istikharah : Lengkap dengan Latin dan Artinya

menyadari salah kiblat shalat

BincangMuslimah.Com – Hidup memang pilihan. Namun, kadang kala kita diminta untuk memilih di antara pilihan-pilihan yang sama-sama baiknya dan dibolehkan oleh agama. Maka, di saat inilah kita disunnahkan untuk melaksanakan shalat istikharah dua rakaat.

Shalat istikharah boleh dilaksanakan kapan pun selama tidak pada waktu-waktu yang diharamkan atau dimakruhkan untuk melaksanakan shalat, seperti setelah shalat Asar dan setelah shalat Shubuh.

Pada rakaat pertama setelah surah Al-Fatihah, disunnahkan membaca surah Al-Kafirun. Sedangkan pada rakaat kedua disunnahkan membaca surah Al-Ikhlas. Adapun doa yang dibaca setelah shalat Istikharah telah diajarkan oleh Rasulullah saw. kepada sahabat Jabir bin Abdillah r.a. sebagaimana riwayat imam Al-Bukhari berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ (….) خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي )عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ( فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي )فِي عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ( فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِي الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِي

ALLAHUMMA INNII ASTAKHIIRU BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA WA ASALUKA MIN FADHLIKAL ‘ADHIIM. FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU WA ANTA ‘ALLAMUL GHUYUUB. ALLAAHUMMA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA (…di sini menyebutkan hajatnya) KHAIRUN LII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII (‘AAJILI AMRII WA AAJILIHI) FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIK LII FIIHI WA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRUN LII FII DIINII WA MA’AASHII WA ‘AAQIBATI AMRII (FII ‘AAJILI AMRII WA AAJILIHI) FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDURLII AL-KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDHINII.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan dari ilmu-Mu, memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebut keperluannya) baik bagiku, agama, dan kehidupanku (baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang), maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku (baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang), maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian ridailah aku.

Sebelum dan sesudah mengucapkan doa tersebut disunnahkan membaca alhamdulillah/memuji Allah swt. dan membaca shalawat kepada Nabi saw. Insya Allah setelah melaksanakan shalat dan doa istikharah tersebut, Allah swt. akan melapangkan dada kita untuk dapat melakukan yang semestinya dipilih.

Namun, jika belum jelas dan yakin mana pilihan yang harus kita pilih atau lakukan, maka hendaknya diulangi lagi shalat istikharah dan doanya tersebut sampai tujuh kali. Hal ini sebagaimana riwayat imam Ibnu Sunni dari sahabat Anas bin Malik r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Wahai Anas, jika kamu ragu-ragu pada suatu urusan, maka istikharalah (mintalah pilihan) kepada Tuhan-Mu tentangnya tujuh kali, kemudian lihatlah apa yang telah ada pada hatimu, maka sesungguhnya kebaikan ada di dalamnya.” Jika tidak sempat untuk melaksanakan shalat istikharah, maka cukup dengan berdoa. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Rekomendasi

Annisa Nurul Hasanah
Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

fans k-pop larangan fanatik fans k-pop larangan fanatik

Ramai Kegaduhan Fans K-POP di Space Twitter, Ini Larangan Fanatik dalam Islam

Kajian

UU PRT Harus Disahkan UU PRT Harus Disahkan

Alasan Kenapa UU PRT Harus Segera Disahkan

Muslimah Talk

Film KKN Desa Penari Film KKN Desa Penari

Film KKN Desa Penari; Begini Penjelasan Buya Syakur tentang Ruh Orang yang Meninggal Karena Santet atau Sihir

Kajian

Ayah Alami Postpartum Blues Ayah Alami Postpartum Blues

Tidak Hanya Ibu Hamil, Ayah Juga Bisa Mengalami Postpartum Blues

Muslimah Talk

Kehidupan Manusia Setelah Kematian Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Dalil Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Kajian

penembakan wartawan palestina shireen penembakan wartawan palestina shireen

Mengutuk Aksi Penembakan Terhadap Wartawan Palestina, Shireen Abu Akleh

Muslimah Talk

Doa Saat Naik Kendaraan Doa Saat Naik Kendaraan

Doa Saat Naik Kendaraan

Ibadah

keguguran pengalaman perempuan dibicarakan keguguran pengalaman perempuan dibicarakan

Keguguran, Pengalaman Perempuan yang Jarang Dibicarakan

Muslimah Talk

Trending

Shalat Jamak syarat dilakukan Shalat Jamak syarat dilakukan

Shalat Jamak dan Syarat-syarat yang Harus Dilakukan

Ibadah

kepemilikan aset kripto dizakati kepemilikan aset kripto dizakati

Apakah Kepemilikan Aset Kripto Harus Dizakati?

Kajian

Nyai Hannah lirboyo hafizah Nyai Hannah lirboyo hafizah

Mengenal Nyai Hannah Lirboyo; Sosok Ulama Perempuan dan Role Model Hafizah Masa Kini

Khazanah

memberi zakat meninggalkan shalat memberi zakat meninggalkan shalat

Hukum Memberi Zakat Pada Orang yang Meninggalkan Shalat, Bolehkah?

Kajian

UU TPKS Telah Disahkan UU TPKS Telah Disahkan

UU TPKS Telah Disahkan, Masih Ada Tugas Lain yang Menanti

Muslimah Talk

laki-laki jadi korban kdrt laki-laki jadi korban kdrt

Tidak Hanya Pada Perempuan, Laki-Laki Pun Bisa Jadi Korban KDRT

Kajian

anggota keluarga menggantikan puasa anggota keluarga menggantikan puasa

Apakah Anggota Keluarga Bisa Menggantikan Puasa Kerabat yang Sudah Wafat?

Kajian

tata cara membayar fidyah tata cara membayar fidyah

Tata Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadhan

Kajian

Connect