Ikuti Kami

Kajian

Tadabbur Surah Yasin Ayat 10-11: Rasul Berdakwah dengan Kasih Sayang

Surah Yasin 10-11

BincangMuslimah.Com- Dalam tadabbur surah Yasin ayat ke 10-11 menjelaskan bahwa Allah memberi petunjuk kepada Rasul bahwa peringatan atau dakwah hanya bagi orang-orang yang mau membuka hatinya dan menerima risalah Islam. Sebab Nabi Muhammad terus menerus mendapat penolakan ketika berdakwah kepada orang-orang kafir. Setelah pada ayat sebelumnya (Tafsir Surat Yasin Ayat 7-9) menegaskan bahwa orang-orang yang menolak dakwah Nabi saw akan mendapatkan balasan berupa malapetaka. Allah berfirman:

وَسَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ. إِنَّمَا تُنْذِرُ مَنِ اتَّبَعَ الذِّكْرَ وَخَشِيَ الرَّحْمَنَ بِالْغَيْبِ فَبَشِّرْهُ بِمَغْفِرَةٍ وَأَجْرٍ كَرِيمٍ

“Dan sama saja bagi mereka (orang kafir yang demikian itu keadaan mereka), apakah engkau (wahai Muhammad), memperingatkan mereka atau tidak memperingatkan mereka. Mereka tidak akan beriman. Sesungguhnya engkau (Muhammad) hanya memberi peringatan (hanya bermanfaat peringatanmu) bagi seiapa yang mengikuti al-Dzikr (al-Quran) dan yang takut kepada Yang Maha Pemurah, sedang (Dia) gaib. Maka karena itu sampaikanlah berita gembira kepadanya tentang pengampunan Allah dan ganjaran yang mulia.” (Q.S. Yasin: 10-11)

Penjelasan dari Ulama Tafsir

Imam al-Zamakhsyari dalam Tafsir al-Kassyaf menfasirkan bahwa tujuan (al-bughyah) untuk menyampaikan risalah Islam dengan peringatan dan kabar gembira. Tetapi hanya bagi orang orang yang mau menerima dan mengikuti al-Quran.

Syekh Wahbah al-Zuhaili menambahkan bahwa ada dan tidaknya peringatan adalah sama saja bagi orang-orang yang telah persisten pada kekafiran mereka. Karena dakwah tidak akan efektif dan tidak akan berguna bagi mereka, selagi mereka tidak memiliki kecenderungan dan predisposisi untuk menerima kebenaran, tunduk kepada seruan Allah, dan memerhatikan bukti-bukti petunjuk tentang kebenaran risalah Nabi saw, serta merenungkan keajaiban-keajaiban alam semesta yang menjadi bukti petunjuk akan wujud Allah dan keesaan-Nya.

Baca Juga:  Hukum-hukum Rujuk dalam Islam

Sementara Prof. Quraish Shihab menjelaskan bahwa setiap orang hakikatnya memiliki potensi yang sama untuk dapat menerima hidayah. Akan tetapi sebagaimana ilustrasi  keadaan mereka pada ayat sebelumnya, yakni mereka enggan beriman. Oleh karenanya dakwah dan peringatan hanya bermanfaat bagi orang-orang yang mau mengasah potensi keimanannya sehingga bersedia dan bersungguh-sungguh mengikuti Quran al-Karim.

Ibnu ‘Asyur memberi penafsiran terkait dengan kata ittaba’a dalam man ittaba’a al-Dzikra pada ayat 11. Maknanya, tidak hanya membenarkan dan mengikuti apa yang Nabi sampaikan, tetapi juga melakukan refleksi (tadabbur) sehingga mengamalkan ajaran yang terdapat di dalam Al-quran. Ia juga memberikan kisah sahabat Umar bin Khattab ketika masuk Islam setelah mendengarkan dan membaca Alquran (surah Taha). Sayyidina Umar membaca dan melakukan tadabbur atas apa yang dibacanya, lalu beliau pun beriman.

Teladan Dakwah Nabi dengan Kasih Sayang

Ketika menyampaikan risalah dari Allah, Nabi Muhammad terus menerus mendapat berbagai penolakan dari kaum musyrikin. Namun, beliau tetap memilih untuk memberikan peringatan kepada mereka. Hal ini agar ketika di hadapan Allah orang-orag kafir itu tidak punya alasan untuk mengelak.

Allah Yang Maha Tahu dan memahami bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi yang besar kasih sayangnya pada umat dan terus istiqamah berdakwah. Maka Allah merasa kasihan kepada Nabi jika sampai beliau saw terus berdakwah tanpa hasil kepada orang-orang tersebut. Allah kemudian memberi petunjuk sebagaimana surah Yasin ayat 7-9 di atas.

Sehingga Allah menginginkan agar mengarahkan usaha dakwah dalam kasih sayang itu kepada orang lain yang mau menerima risalah Islam dan ajaran kebaikan. Adapun kita sebagai manusia biasa, tentu saja kita tidak boleh mengatakan ‘orang ini tidak mungkin masuk Islam’. Nabi Muhammad telah memberi teladan kepada kita untuk melakukan semua dakwah dengan kasih sayang sampai akhir hayat.

Baca Juga:  Apakah Perempuan Baik untuk Dikhitan?

Sebagaimana dalam satu kisah, ketika Nabi berdakwah, orang-orang kafir sangat menentang dakwah dan membenci beliau bahkan berusaha untuk menggelincirkan beliau. Sehingga kemudian malaikat Jabal menawarkan Nabi Muhammad untuk menghukum mereka, namun beliau tetap memilih untuk tetap bersabar dan berdakwah dengan penuh kelembutan. Akhlak inilah yang seharusnya diterapkan dalam pendidikan dan pembelajaran bagi umatnya hingga akhir zaman.  Wallah musta’an.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Khadimul 'Ilmi di Yayasan Taftazaniyah

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Antara Jamaah dan Khusu’, Mana yang Lebih Diutamakan? Antara Jamaah dan Khusu’, Mana yang Lebih Diutamakan?

Antara Jamaah dan Khusu’, Mana yang Lebih Utama?

Ibadah

Waspadai Child Grooming! Bukan Untuk di Normalisasikan

Keluarga

konsep keluarga konsep keluarga

Tips Mendidik Anak dengan Bahagia

Keluarga

suami suara tuhan suami suara tuhan

Pengertian Keluarga Sakinah dan Makna Perkawinan dalam Islam

Keluarga

Hukum Menggunakan Mahar Sebagai Modal Usaha

Keluarga

Apakah Meninggalkan Shalat Jumat 3 kali Dihukumi Kafir?

Ibadah

Apa yang Harus Dilakukan Apabila Merasa Keluar Angin Saat Shalat?

Kajian

Pandangan Michael Hart Terhadap Nabi Muhammad

buku

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

Baayun Maulud, Budaya Masyarakat Banjar saat Memperingati Hari Kelahiran Nabi

Kajian

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

pembelaan al-Qur'an terhadap perempuan, Fathimah dari Nisyapur: Ahli Makrifat Terbesar   pembelaan al-Qur'an terhadap perempuan, Fathimah dari Nisyapur: Ahli Makrifat Terbesar  

Perempuan dalam Perspektif Filsafat Islam

Kajian

suami suara tuhan suami suara tuhan

Pengertian Keluarga Sakinah dan Makna Perkawinan dalam Islam

Keluarga

Rimpu, Tradisi dan Ekspresi Perempuan Islam di Bima

Kajian

Ummu Sulaim Ummu Sulaim

Ibu Sempurna dalam Pandangan Masyarakat

Diari

Connect