Ikuti Kami

Muslimah Daily

Pentingnya Pencegahan Gangguan Menstruasi

Pencegahan Gangguan Menstruasi

BincangMuslimah.Com – Masa remaja adalah fase yang mestinya menjadi perhatian khusus untuk melaksanakan sosialiasi tentang pencegahan gangguan menstruasi. Pencegahan ini penting karena selalu saja ada norma sosial-budaya yang bisa menjadi penghalang para remaja putri untuk mendapatkan informasi akurat tentang haid.

Informasi akurat yang dimaksud adalah Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) saat menstruasi pertama. Perlu digarisbawahi bahwa menstruasi yang tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan putus sekolah dan masalah kesehatan seksual-reproduksi yang berdampak pada kesehatan dan sosial-ekonomi jangka panjang untuk remaja putri.

Haid atau menstruasi pertama merupakan peristiwa penting dalam kehidupan seorang remaja putri. Maka, sangat penting untuk membicarakan hal tersebut dengan para remaja putri sebelum dengan cara yang informatif dan menenteramkan.

Maka dari itu, para gadis remaja mesti bisa mengenali tubuhnya dan apa yang akan terjadi nanti. Hal ini mesti ditekankan agar ia tidak terkejut atau ketakutan saat haid pertama tiba. Lebih penting lagi, sangat perlu ditanamkan bahwa dengan datangnya haid. Allah Swt. sesungguhnya telah mewajibkan untuk melaksanakan segala perintah-Nya dan menjahui segala larangan-Nya.

Pada 2015 silam, United Nations Children’s Fund (Unicef) merilis hasil penelitian yang menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan kesadaran tentang dampak praktik pengelolaan haid. Pengelolaan haid sangat berdampak pada kesehatan, pendidikan, dan psikososial untuk perempuan dan remaja putri di negara berpenghasilan rendah dan menengah.Penelitian Unicef yang dilakukan di Asia, Afrika, dan Amerika Latin tersebut menjelaskan bahwa beberapa tantangan yang dihadapi perempuan seperti akses yang buruk atas informasi lengkap tentang menstruasi.

Tantangan lainnya adalah kurangnya pengetahuan untuk mengelola darah menstruasi, ketidakcukupan air, sanitasi dan fasilitas yang tidak memadai, keyakinan sosial-budaya yang menyesatkan, dan pantangan-pantangan yang dianggap tabu. Segala tantangan yang telah disebutkan akan berdampak pada pembatasan perilaku, ketidaknyamanan remaja putri dan risiko kesehatan reproduksi. Salah satu risiko kesehatan adalah gangguan menstruasi.

Baca Juga:  Bolehkah Berhubungan Badan Sebelum Mandi Wajib Pasca Haid?

Padahal, apabila ada akses yang baik pada informasi tentang gangguan menstruasi, tentu saja risiko kesehatan tersebut tidak akan terjadi. Untuk itu, pencegahan gangguan menstruasi sangat penting dilakukan para remeja putri khususnya di negara berpenghasilan menengah dan rendah.

Haid atau menstruasi adalah hal yang mutlak terjadi pada perempuan. Maka dari itu, seorang perempuan mestinya sudah siap akan segala konsekuensi yang terjadi dan tidak takut menghadapi haid pertama.

Dasar haid tercantum dalam sebuah hadis Nabi Muhammad saw. Dasar haid tergambar dalam hadis Nabi Muhammad saw. riwayat Aisyah r.a. dalam Shahih Al-Bukhari sebagai berikut:

  عن عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ الْقَاسِمِ قَالَ : سَمِعْتُ الْقَاسِمَ يَقُولُ : سَمِعْتُ عَائِشَةَ تَقُولُ خَرَجْنَا لاَ نَرَى إِلاَّ الْحَجَّ فَلَمَّا كُنَّا بِسَرِفَ حِضْتُ فَدَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَأَنَا أَبْكِي ، قَالَ : مَا لَكِ أَنُفِسْتِ قُلْتُ نَعَمْ قَالَ إِنَّ هَذَا أَمْرٌ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ فَاقْضِي مَا يَقْضِي الْحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوفِي بِالْبَيْتِ قَالَتْ وَضَحَّى رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ نِسَائِهِ بِالْبَقَرِ

Artinya: Aisyah menangis karena sedang haid sehingga ia tidak dapat melanjutkan ibadah hajinya. Rasulullah saw. mencoba menenangkannya dengan mengatakan, “Sungguh ini adalah perkara yang telah ditetapkan Allah Swt. untuk anak-anak prempuan keturunan Adam, maka selesaikanlah rangkaian ibadah haji yang harus diselesaikan selain Thawaf.” Aisyah pun berkata, “Dan (setelah itu) Rasulullah saw. menyembelih sapi untuk para istrinya.“

Hadis di atas menyebutkan bahwa saat berhaji dengan Rasulullah saw., Aisyah r.a. menangis saat sampai di Kota Sarf. Pelajaran dari cerita Aisyah r.a ini mengajarkan kepada seluruh perempuan agar tidak perlu bersedih saat mengalami menstruasi. Sebab, hal tersebut sudah menjadi ketentuan Allah Swt. yang diberikan kepada setiap perempuan lengkap dengan hikmah dan manfaatnya.

Baca Juga:  Kenali Baby Blues, Fenomena Pasca Ibu Melahirkan!

Salah satu cara agar tidak takut adalah dengan mempelajari tentang pencegahan gangguan menstruasi bagi para remaja putri yang belum mengalami haid pertama.[]

Rekomendasi

istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

Batal puasa nazar haid Batal puasa nazar haid

Batal Puasa Nazar Karena Haid, Wajibkah Qadha atau Bayar Kafarat?

flek cokelat sebelum haid flek cokelat sebelum haid

Muncul Flek Coklat sebelum Haid, Bolehkah Shalat?

penyebab sujud sahwi cara penyebab sujud sahwi cara

Hukum Sujud Tilawah bagi Perempuan Haid dan Nifas

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Peran Perempuan Turunnya Alquran Peran Perempuan Turunnya Alquran

Peran Perempuan dalam Peristiwa Turunnya Alquran

Khazanah

suntik vitamin saat puasa suntik vitamin saat puasa

Hukum Suntik Vitamin, Gizi dan Infus saat Puasa?

Kajian

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

Kitab Manbaussa'adah bekal pernikahan Kitab Manbaussa'adah bekal pernikahan

Kitab Manbaussaadah: Bekal dan Persiapan Menuju Pernikahan

Keluarga

Connect